Jumat, 06 Juni 2014

DARAH DAN AIR (ROHANI)





1 Yohones 5 : 6 Inilah Dia yang telah datang dengan air dan darah yaitu Yesus Kristus bukan saja dengan air, tapi juga dengan air dan dengan dengan darah, dan Rohlah yang memberi kesaksian karena Roh adalah KEBENARAN.
Pertanyaan seriusnya “what and why” begitu seringnya ALKITAB menggunakan istilah darah..... dan air ....?  Secara sains “darah” pada makhluk hidup adalah cairan di dalam tubuh yang berfungsi untuk mengangkut “oksigen” yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah juga menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat-zat sisa metabolisme, dan mengandung berbagai bahan penyusun “sistem imun” yang bertujuan mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit. Hormon-hormon dari “sistem endokrin juga diedarkan melalui darah.
Secara prinsip darah adalah salah satu unsur utama kehidupan dan yang membuat darah itu “hidup” adalah adanya oksigen murni (fure O2) karena   bila Darah manusia berwarna merah; Warna merah terang apabila kaya oksigen sampai merah tua/gelap apabila kekurangan oksigen. Warna merah pada darah disebabkan oleh hemoglobinprotein pernapasan (respiratory protein) yang mengandung besi dalam bentuk heme, yang merupakan tempat terikatnya molekul-molekul O2 murni. Jadi ketahanan dan kualitas Darah diukur dari warna dan kandungan O2 Murni di dalamnya, dalam kehidupan rohani dikatakan “Rohlah yang memberi kesaksian karena Roh adalah KEBENARAN” darah itu hidup dan berkualitas!! karena O2 Murni!!!, demikian pula kehidupan keseharian kita karena anugerah keilahian murni dalam rupa ROH ILAHI yang murni yang membuat berkualitasnya IMAN cerah warna dan hidupnya persekutuan dalam Kristus, dalam hal ini Rasul YOHANES mengingatkan bahwa sebagai ANAK ANAK ALLAH sudah memiliki kesaksian yang HIDUP bagi yang PERCAYA; meng-IMAN-i kepadaNYA, O2 murni sudah ada, ROH ILAHI itu sudah dianugerahkan bagi kita yang “PERCAYA” untuk mempertahankan tubuh jasmani/Rohani dari berbagai penyakit Dunia.... Tetapi sebagai Orang yang berdosa kita sering melupakan anugerah tersebut sehingga kadar O2 Murni tersebut tidak kita jaga; tidak dirawat sehingga hari; minggu; bulan; tahunan kadar tersebut semakin berkurang warna karakter/ Pribadi semakin kusam bahkan gelap (seperti darah tadi yang kekurangan O2), Bagaimana caranya kita menjaga agar kadar O2 bisa bagus dan berkualitas,.... Terapi Utama dalam sains adalah dengan Minum AIR putih dan pola hidup sehat (olah raga teratur dan seterusnya).... jauh sebelum zaman kedokteran maju Rasul Yohanes sudah memberi jawaban bahwa upaya untuk Minum AIR dan Pola hidup sehat adalah sebuah TINDAKAN!!!  Tegas Rasul Yohanes mengingatkan kita agar dalam menjalani hidup dan kehidupan IMAN tanpa TINDAKAN adalah bukan ciri ANAK ALLAH, karena ciri orang Kristus adalah adanya upaya TINDAKAN sebagai pertanggungjawaban atas anugerah IMAN dalam ROH ILAHI dalam Pribadi lepas Pribadi.... (by.indra morla)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar